RSS

10 Game Cetak Sejarah Budaya

21 Feb


Jakarta, Henry Lowood, kurator History of Science and Technology Collections di Stanford University berpendapat bahwa game komputer juga memiliki nilai budaya, sebagaimana halnya dengan film atau musik. Maka bersama-sama dengan perancang game Warren Spector, peneliti Matteo Bittanti, dan jurnalis game Christopher Grant, ia menyusun daftar 10 game paling penting dalam sejarah.sepuluh game itu telah diajukan untuk ditelaah agar bisa dimasukkan koleksi permainan U.S Library of Congress. Inilah sepuluh game itu dalam urutan waktu:
1. Spacewar (1962), merupakan game aksi kapal luar angkasa yang dikembangkan programer dari Massachusetts Institute of Technology. Game ini disebut-sebut sebagai game multiplayer pertama dan juga game aksi pertama.

2. Star Raiders (1979), terinspirasi dari film Star Trek, game ini menempatkan pemain dalam kokpit sebuah pesawat yang bergerak dalam lingkungan tiga-dimensi.

3.Zork (1980), game petualangan di dunia bawah tanah yang penuh dengan monster dan harta karun. Zork kemudian muncul sebagai trilogi. Seri Zork dianggap sebagai pemulai seri fiksi interaktif.

4.Tetris (1985), mungkin ini adalah game yang paling dikenal luas, hingga di luar kalangan pemain game sendiri. Game besutan programer Rusia Alexey Pajitnov ini telah melahirkan banyak peniru.

5. SimCity (1989), disebut sebagai game yang mencetuskan berbagai game yang menempatkan pemain sebagai ‘tuhan’. Game pembangun kota ini juga ‘melahirkan’ game populer ‘The Sims’.

6. Super Mario Bros. 3 (1990), satu lagi game yang banyak dikenal orang, kisah tukang ledeng asal New York yang jadi pahlawan. Super Mario Bros 3 terpilih karena memperkenalkan aksi maju dan mundur untuk gaya penceritaan game yang tidak linier.

7.Civilization I/II (1991), adalah game yang menempatkan pemainnya sebagai penguasa sebuah kebudayaan. Mulai dari membangun dusun kecil hingga menjadi negara besar dengan program perjalanan angkasa luar.

8.Doom (1993), game tembak-tembakan dari sudut pandang orang pertama ini dipuji karena grafis tiga dimensinya yang menawan dan kemampuan multiplayer networking.

9.Seri Warcraft (mulai 1994), game real time strategy ini berlatar lokasi dunia yang ajaib, lengkap dengan peri dan kurcaci. Namun yang lebih ‘mengerikan’ adalah game ini telah membuat banyak pemain game yang kecanduan.

10.Sensible World of Soccer (1994), sebuah game sepakbola yang membawa pemainnya pada perjalanan karir sebuah klub sepakbola selama 20 musim melawan hingga ribuan tim dari seluruh dunia. (wsh/nks)

Ref : My Inspirations Programmers (ANTHONY KURNIAWAN)

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada 10 Game Cetak Sejarah Budaya

Ditulis oleh pada Februari 21, 2011 in Teknologi

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: