RSS

4 Trend Masa Depan Berkaitan dengan Teknologi Ramah Lingkungan

03 Jan


Menyelamatkan planet ini dan mengurangi emisi adalah hal yang baik, tapi siapa yang mengatakan bahwa Anda tidak bisa bersenang-senang sedikit ketika melakukan hal itu?yang biasanya teknologi ramah lingkungan merupakan sesuatu yang membusankan dan mempunyai kinerja yang kurang bagus, tetapi teknologi ramah lingkungan generasi berikutnya tidak hanya baik untuk planet ini, tapi juga menarik untuk penggunanya.

Kendaraan yang ramah lingkungan seperti BMW dan mobil sport beranggapan bahwa mobil ramah lingkungan itu lamban. Sistem elektrik yang diusulkan di Delorean (kendaraan dari jaman jadul yang dimodivikasi untuk mobil Masa Depan) memperlihatkan mobil ramah lingkungan juga dapat menjadi luar biasa. Tentu saja, tren utama teknologi ramah lingkungan untuk 2012 tidak hanya tentang mobil. Ada perkembangan menarik yang melibatkan micro-living, gamification dan shared technology. Berikut empat tren ramah lingkungan yang pasti menarik untuk dibahas.

1. Mobil Hybrid dan Energi Alternatif

Credit : barnesmetalworks.com
Mobil listrik dan mobil hybrid telah ada dalam beberapa waktu ini tetapi teknologi ini hanya menjadi tren baru-baru ini saja, teknologi ini mulai berubah dari tujuan awal mereka.

Sebuah era baru untuk mobil ramah lingkungan telah berhasil memberikan performa yang baik dengan harga yang wajar. Chevy Volt dan Toyota Prius adalah dua sedan terjangkau yang telah hadir di pasaran mobil amerika. Beberapa produsen mobil ternama telah meluncurkan mobil konsep ramping yang menggunakan listrik. Sebagai contoh, BMW i8 adalah sebuah konsep mobil roadster yang tangguh. Sebuah versi yang sudah siap di jalan raya, yang dijadwalkan launching pada tahun 2013. Teknologi dasar telah digunakan di BMW hibrida seperti ActiveE, yang mulai di uji coba di lapangan.

Credit : cars-10.com
Kota-kota besar mengambil kebijakan untuk konsep ramah lingkungan dengan membuat kereta bawah tanah dan bus ramah lingkungan. Kereta bawah tanah New York City dapat menghasilkan dan menyimpan listrik ketika mereka tidak beroperasi dan kota-kota seperti Toronto telah mulai memperbarui armada bus mereka dengan teknologi hybrid.

2. Sharing is Caring

Credit thetransportpolitic.com
Tentu saja, mobil paling ramah lingkungan di dunia tidak sepenuhnya ramah lingkungan. Itulah konsep antara hub technology sharing yang memungkinkan semua orang menggunakan dan meminjam satu set barang secara umum. Perusahaan seperti Zipcar telah membiarkan pelayanan kepada pelanggannya untuk menyewa mobil dalam cara yang jauh lebih mudah dari perusahaan tradisional seperti Hertz.

photo by Flickr user pdbreen
Konsep ini berkembang untuk semua jenis barang, termasuk program seperti bike-sharing Bixi di Montreal, yang memungkinkan pelanggan menyewa sepeda selama 45 menit tanpa biaya. Pengguna dapat memarkir sepeda mereka di docking stasiun yang akan menghitung biaya tagihan ketika sepeda dibawa keluar dan mengirimkan tagihan sesuai lama pemakaian. Perhitungan penyewaan sepeda untuk beberapa lama dikali dengan ongkos biaya, meskipun biaya minimal ($ 3 untuk menyewa sepeda untuk sampai satu jam setengah). Bixi telah menyebar di kota-kota lain, dan pemerintah New York mengumumkan program sharing sepeda pertama yang akan launching pada tahun 2012 yang akan beroperasi mirip dengan Bixi.

Credit: Payton Chung
Ini tidak hanya tentang mobil dan sepeda, program lainnya telah menjamur di seluruh dunia yang berfokus pada sharing teknologi, Worldreader tersebut, yang menyediakan ereaders ke sekolah-sekolah di negara-negara berkembang atau SELCO India yang sedang mencoba untuk menyebarkan panel surya untuk masyarakat miskin di India.

3. Micro-Living

Credit : freshome.com
Mengapa kita membutuhkan begitu banyak hal untuk membuat kita bahagia? Itulah Ide dibalik micro living, yang berusaha untuk mencari cara untuk memperringkas atau mengecilkan barang teknologi dan material yang kita gunakan setiap hari.

Credit : designlessbetter.com
Berharap masyarakat untuk mengurangi hiasan tambahan untuk membantu hidup menjadi lebih ramah lingkungan dan juga lebih mengurangi ongkos hidup.

Credit : cooltownstudios.com
Perusahaan besar juga mencoba mengecilkan footprint-nya. Banyak produsen yang menyusut jumlah kemasan yang mereka gunakan untuk mengirimkan produk. Sebagai contoh, Apple telah mengurangi beberapa kemasan tidak berguna dan mengembangkan desain unibody laptop yang lebih mudah untuk mendaur ulang dan memproduksinya.

4. Gamification Reigns

Credit : treehugger.com
Merek dan perusahaan telah menyadari bahwa kompetisi yang ramah dan penghargaan terukur adalah cara yang bagus untuk membuat orang tertarik dan terlibat dalam suatu produk. Gerakan penghijauan yang semakin bijaksana . Permainan seperti tantangan kepada pemain Trash Tycoon untuk mendaur ulang jalan mereka ke kemenangan sedangkan situs seperti myenergy, recyclebank atau DailyFeats mendorong pengguna untuk mengurangi konsumsi energi mereka atau meningkatkan tindakan hijau mereka dengan menawarkan kompetisi ringan dan penghargaan yang relevan untuk perilaku ramah lingkungan.

Sumber = Kaskus.us (fabi4no UserID: 3633100 )

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 3, 2012 in Teknologi

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: