RSS

Lazaridis dan Balsillie, Duo Pendiri RIM

07 Jan


JAKARTA ā€“ Siapa yang tak kenal Research In Motion (RIM), kesuksesan yang pernah direngkuh perusahaan asal Kanada ini tidak terlepas dari campur tangan Mike Lazaridis, yang saat ini masih menjabat sebagai co-CEO RIM. Pada 1984, pria 50 tahun ini mendirikan RIM dengan modal sekira USD15 ribu yang diberikan oleh orangtuanya.

Untuk lebih fokus menjalankan perusahaan yang didirikannya, Mike mengundurkan diri dari bangku kuliah, langkahnya itu mengejutkan semua orang. Mengingat saat itu masa kuliahnya hanya tinggal dua bulan lagi untuk menunggu kelulusan. Pengorbanannya pun tidak sia-sia, sejak itu dia mampu mendapatkan berbagai proyek baru.

Dilansir dari berbagai sumber, saat itu Mike menjalankan usahanya tidak sendirian, bersama denga Jim Balsillie yang saat ini juga menjabat sebagai co-CEO bersamnya, dengan pembagian tugas yang berbeda. Lazaridis akan fokus pada sisi kreatif, yaitu penelitian, pengembangan dan strategi produk. Sedangkan Balsille fokus pada keuangan, pengembangan bisnis dan strategi perusahaan.

Balsillie bergabung dengan RIM pada 1992, dan percaya pada visi Lazaridis meskipun saat itu RIM sedang kekurangan dana. Mereka pertama kali bekerja di sebuah kantor kecil dengan hanya satu karyawan, yaitu Mike Barnstjin.

BlackBerry yang merupakan smartphone besutan RIM, versi aslinya diluncurkan pertama kali pada 1999 dan dengan mudahnya menjadi terkenal dengan perusahaan yang sekarang bisa memiliki karyawan di mana saja. Keberhasilan BlackBerry telah membuat duo pendiri RIM, Lazaridis dan Balsillie menjadi kaya raya.

Saat itu pialang sahan dan selebriti merupakan penggemar awal perangkat tersebut. Lazaridis dan RIM terus mengembangkan BlackBerry selama bertahun-tahun. Pada 2001 akhirnya, bisa digunakan sebagai telepon selular dan memiliki kemampuan suara, lalu satu tahun kemudian BlackBerry memiliki kemampuan hands-free.

Kemudian, RIM menjual BlackBerry kepada klien korporasi dan sering membuat paket khusus untuk software dan server. Sehingga dalam beberapa tahun kemudian hingga kini, kita bisa melihat BlackBerry banyak digunakan diberbagai negara.
(tyo)

Sumber = okezone.com

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2012 in Teknologi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: