RSS

SmartWatch, Jam Tangan Dengan Kemampuan Setara Smartphone

11 Feb


Perhelatan akbar Customer Electronic Show (CES) 2012 tak hanya didominasi oleh kehadiran ponsel pintar, tablet, dan notebook yang mampu mencuri perhatian para pencinta gadget namun juga diwarnai oleh gadget-gadget unik yang dirilis oleh para vendor ternama. Salah satu gadget yang mencuri perhatian adalah SmartWatch yang dirilis oleh vendor elektronik kenamaan Sony. SmartWatch menawarkan kemampuan yang lebih dari sekedar sebuah jam tangan biasa. SmartWatch menyuguhkan kelebihan-kelebihan yang lazim terdapat pada sebuah ponsel pintar (smartphone) seperti mengakses berbagai situs, jejaring sosial, hingga email.

SmartWatch hadir sebagai gadget alternatif yang ditawarkan Sony sekaligus menjadi bagian rangkaian produk terbaru Sony yang juga menyertakan smartphone Xperia Series sebagai andalannya. SmartWatch dilengkapi dengan layar OLED 1,3 inchi yang juga mendukung akses layar sentuh. Dengan bentuk menyerupai jam digital konvensional, SmartWatch tetap tak ingin meninggalkan sisi elegan tampilan melalui desain yang ramping. Tak hanya dari segi tampilan, keunggulan SmartWatch termasuk dukungannnya terhadap sistem operasi mobile yang tengah naik daun, Android, sebagai platform dari aplikasi-aplikasi yang tersedia pada gadget ini. Saat ini SmartWatch hanya menyediakan 15 aplikasi yang akan memanjakan para penggunanya. Aplikasi utama tersebut tentu saja mencakup akses terhadap situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, layanan email, musik, dan konten online lainnya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Sony menyatakan, SmartWatch menyuguhkan penggunanya sensasi kelebihan-kelebihan yang terdapat pada smartphone hanya melalui sebuah jam tangan.

Meskipun saat ini SmartWatch hanya menyediakan 15 aplikasi, Sony menyatakan akan mengembangkan gadget yang satu ini secara serius dengan menargetkan hingga 255 aplikasi. Tak hanya itu, kelebihan lain yang diperkirakan akan disediakan pada pengembangan selanjutnya yaitu perluasan konektifitas dengan seluruh perangkat yang mengusung Android sebagai sistem operasinya. Saat ini, konektifitas yang ditawarkan SmartWatch masih terbatas pada smartphone Sony Xperia Series. Lebih lanjut, Sony menyatakan akan merilis SmartWatch secara resmi pada Maret mendatang dengan banderol sekitar USD 149.

Namun demikian, Sony nampaknya belum dapat bernapas lega dalam upayanya menciptakan pasar jam pintar ini. Sebuah perusahaan startup asal Italia pun berencana merilis produk serupa bernama I’m Watch yang juga mengusung Android sebagai platform dan bahkan menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki SmartWatch seperti konektifitas Bluetooth hingga kemampuan untuk melakukan panggilan telepon. Menarik untuk ditunggu apakah keberedaaan jam pintar ini akan menerima respon positif dari para pencinta gadget dan mampu menciptakan segmen baru dalam pasar perangkat mobile.

Sumber = http://uniqpost.com/

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 11, 2012 in Teknologi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: